5HEWAN DENGAN SENJATA LUAR BIASA

Mungkin kita hanya mengetahui hewan-hewan seperti Singa, Harimau atau Badak saja yang memiliki sistim pertahanan atau senjata luar biasa. Tapi sebenarnya di alam liar sana, terdapat banyak sekali hewan dengan sistem senjata atau pertahanan tubuh yang luar biasa. Seperti beberapa hewan berikut misalnya:

1. Sigung
Sigung adalah binatang mamalia yang memiliki warna hitam dan putih. Sigung termasuk golongan binatang penyendiri yang mencari mangsa pada malam hari. Sementara dari pagi hingga petang, ia lebih suka bersembunyi dalam terowongan.
Yang paling khas dari sigung adalah kemampuannya mengeluarkan sejenis gas yang berbau menyengat dan busuk dari kelenjar khusus yang terdapat di sekitar anusnya. Kelenjar ini menghasilkan bau yang mengandung sulfur (belerang), methyl and butyl thiols. Bau ini berfungsi sebagai alat pertahanan diri terhadap predator.
Sigung yang merasa terpojok akan mengancam lawan atau predator dengan cara menundukkan kepala, menaikkan ekornya, dan akan menjejak-jejakkan cakar depannya di tanah. Jika musuh atau predator tidak segera pergi, sigung akan melengkungkan tubuhnya menyerupai huruf “U” dengan kepala dan dubur menghadap ke lawannya. Dan menyemburlah bau yang sangat busuk
Semburan sigung sangat kuat hingga mampu mencapai jarak 3,6 meter yang arahnya bisa ke kanan, ke kiri, ke atas, atau lurus. Bau ini sangat kuat yang mampu menyebabkan iritasi dan kebutaan.













2. Semut Malaysia
Dalam bahasa Jepang kata “semut” yang ditulis menghubungkan dua karakter “serangga,”  dan “kesetiaan.” Semut Malaysia begitu setia yang siap mati dalam salah satu cara paling aneh untuk melindungi sisa jajahannya. Juga disebut “semut meledak” dan “semut kamikaze.” Makhluk kecil ini, benar-benar meledakan diri ketika koloni mereka dalam bahaya. Semut memiliki dua racun penuh di kelenjar mandibula yang menjalar diseluruh tubuhnya dan, ketika predator muncul, prajurit kecil akan berkontraksi otot untuk membangun racun dan kemudian akan meledak, penyemprotan racun akan menempel pada predator.













3. Kalajengking Cambuk
Atau Ketonggeng adalah sekelompok hewan beruas mirip kalajengking namun memiliki semacam “cambuk” di bagian belakangnya, alih-alih sengat. Semua ketonggeng termasuk ke dalam bangsa Thelyphonida. Kalajengking cambuk mungkin terlihat lebih menakutkan daripada kalajengking, tetapi mereka tidak hampir sama berbahayanya dengan lebih spesies kalajengking umum. Pada kenyataannya, mereka sangat kecil (hanya sekitar 18 sentimeter panjang), tidak memiliki Pinschers atau racun dan ekornya tidak menyengat. Tetapi mereka memiliki mekanisme pertahanan yang menakjubkan. Ketika terancam, kalajengking cambuk akan menyemprotkan cairan cuka seperti (kombinasi asam asetat dan asam oktanoat) dari kelenjar pertahanan yang terletak di pangkal ekor. Meskipun tidak beracun, asam ini adalah lima belas kali lebih kuat dari cuka rumah tangga dan cukup menjengkelkan untuk membuat predator mundur.












4. Laba-Laba Meludah
Meskipun ukuran tubuhnya hanya 3-6 mm, laba-laba meludah adalah ancaman serius bagi mangsanya. Ia memiliki kemampuan untuk meludahkan zat seperti lem pada korbannya. Selain kelenjar sutra di bagian perutnya, makhluk ini juga memiliki kelenjar sutra yang terhubung dengan kelenjar racunnya. Bila sudah siap untuk menangkap mangsanya, laba-laba akan menyelinap dengan hati-hati ke arah korban dan, dari sekitar 10 mm, akan mengukur jarak ke mangsanya tanpa. Ketika semuanya selesai, laba-laba akan memuntahkan dua benang sutra beracun pada korban dengan kecepatan dari 1/600th per detik. Setelah korban bergerak, laba-laba siap untuk memangsanya.



















5. Paus Bungkuk
Paus Bungkuk yang sangat cerdas telah mengembangkan keterampilan berburu canggih, yang dikenal melibatkan sekelompok paus bekerja sama untuk menangkap mangsa. Paus memulai perburuan mereka mengelilingi sebuah kelompok ikan dan kemudian mulai meniup gelembung raksasa, menciptakan jaring gelembung yang sangat kuat dan mampu menangkap ikan seperti jaring yang nyata. Ketika ikan terjebak, ikan paus kemudian berenang ke atas melalui, dengan mulut mereka terbuka lebar, menelan ribuan ikan dalam satu tegukan.(**)















sumber:http://iniunic.blogspot.com/2013/01/5hewan-dengan-senjata-luar-biasa.html

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori foto yang aneh / gambar kejadian aneh / misteri aneh dunia / misterius aneh / nyata dan aneh dengan judul 5HEWAN DENGAN SENJATA LUAR BIASA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masih-asal.blogspot.com/2013/02/5hewan-dengan-senjata-luar-biasa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin - Jumat, 08 Februari 2013

Belum ada komentar untuk "5HEWAN DENGAN SENJATA LUAR BIASA"

Poskan Komentar