Buat Cewek: 7 Nutrisi Terbaik Bagi Yang Sering Telat 'Datang Bulan'

Datang bulan alias menstruasi pada perempuan normalnya terjadi setiap bulan. Namun pada beberapa perempuan, si 'bulan' terkadang datang terlambat setelah 2 atau 3 bulan. Banyak faktor penyebabnya, termasuk stres dan hormon. Bagi yang sering mengalaminya, ada nutrisi yang bisa membantu.


Siklus menstruasi diukur dari tanggal pertama haid pada bulan lalu sampai periode berikutnya. Namun, gaya hidup tidak sehat, merokok, minum, olahraga yang berlebihan, obat-obatan dan narkoba dapat menyebabkan menstruasi terjadi secara tidak teratur.

Mengonsumsi makanan yang tepat dan gaya hidup sehat dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Makanan yang kaya protein, vitamin dan asam lemak omega-3 dapat menginduksi menstruasi dan membantu menyingkirkan menstruasi yang tidak teratur.

Berikut beberapa makanan yang dapat memperlancar 'datang bulan' pada perempuan, seperti dilansir Boldsky, Selasa (22/1/2013):

1. Brokoli
Brokoli adalah sayuran hijau yang sangat efektif untuk menginduksi menstruasi. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, masukkan brokoli dalam menu diet Anda.

2. Biji adas
Rebusan biji adas yang dikonsumsi saat perut kosong setiap pagi dapat membantu menyingkirkan menstruasi yang tidak teratur dan memiliki menstruasi yang sehat. Rendam biji adas semalam dan minumlah airnya di pagi hari.

3. Salmon
Salmon merupakan sumber makanan yang kaya kalsium dan vitamin D. Selain memperkuat tulang, salmon juga meningkatkan dan menstabilkan hormon. Ini membantu menyingkirkan masalah menstruasi yang tidak teratur.

4. Almond
Almond merupakan makanan yang sehat dan bergizi. Selain dapat membantu membuat siklus menstruasi teratur, almond yang kaya serat dan protein dapat membantu dalam menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

5. Yoghurt
Yoghurt kaya akan kalsium dan protein. Anda dapat mengonsumsi yoghurt setiap hari untuk mendapatkan siklus menstruasi yang tepat waktu.

6. Telur rebus
Telur rebus yang kaya protein, kalsium dan vitamin dapat membantu dalam mengatasi masalah menstruasi.

7. Tahu
Tahu merupakan makanan yang sehat dan rendah lemak, juga sebagai alternatif paneer (keju cottage). Tahu merupakan makanan yang kaya kalsium yang dapat menjadi makanan besar untuk mendapatkan siklus menstruasi tepat waktu.

Siklus menstruasi yang tertunda atau datang terlambat bisa berdampak bagi kesehatan dan terkadang menjadi salah satu gejala dari penyakit yang mendasarinya. Jika menstruasi selalu datang tidak teratur dan nutrisi yang baik tak juga membantu, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.


sumber:http://sorsow.blogspot.com/2013/01/7-nutrisi-terbaik-bagi-yang-sering.html

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori artikel kesehatan terbaru / fakta kesehatan / perilaku kesehatan masyarakat / tips kesehatan kulit dengan judul Buat Cewek: 7 Nutrisi Terbaik Bagi Yang Sering Telat 'Datang Bulan'. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masih-asal.blogspot.com/2013/02/buat-cewek-7-nutrisi-terbaik-bagi-yang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin - Selasa, 05 Februari 2013

Belum ada komentar untuk "Buat Cewek: 7 Nutrisi Terbaik Bagi Yang Sering Telat 'Datang Bulan'"

Poskan Komentar